Apa, dan bagaimana proses tersebut?
Kegiatan Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru melakukan kegiatan berikut:
- Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema Materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
- Menggunakan beragam pendekatan pembela¬jaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
- Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
- Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
- Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Macam-macam alternatif kegiatan eksplorasi:
- Membaca tentang
- Mendengar tentang
- Berdiskusi tentang
- Mengamati model (teks/ karya)
- Mengamati demonstrasi
- Mengamati simulasi kasus
- Mengamati 2 perbandingan (yang salah dan yang benar)
- Mencoba melakukan kegiatan trtentu
- Membaca kasus (bedah kasus)
- Talk show
- Berwawancara dengan sumber tertentu (menggali informasi)
- Observasi terhadap lingkungan
- Mencoba melakukan kompetensi dengan kemampuan awalnya
- Mencoba bereksperimen
- Bernyanyi (berkaitan dengan konsep yang akan dibahas)
- Bermain (berkaitan dengan konsep yang akan dibahas)
Kegiatan Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru melakukan hal-hal berikut.
- membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
- memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memuncul¬kan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
- memberi kesempatan untuk berpikir, menga¬nalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
- memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
- memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
- memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
- memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
- memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa per¬caya diri peserta didik.
- Diskusi/ mandiri
- Mengidentifikasi ciri
- Menemukan konsep
- Melakukan generalisasi
- Mencari bagian-bagian
- Mendeskripsikan persamaan dan perbedaan
- Memasukkan dalam kelompok yang mana (memilah-milah)
- Membandingkan dengan dunia nyata atau pengetahuan yang telah dimiliki (analisis beda dan persamaannya)
- Menganalisis mengapa terjadi begini/ begitu dari hasil eksperimen/ demonstrasi
- Meramalkan apa yang akan terjadi dari eksperimen
- Mengidentifikasi mana yang beda/sama dengan model bandingkan/kriteria dan mana yang lebih baik
- Mengidentifikasi apa yang salah/benar, mengapa salah/benar
- Mengurutkan
- Mengelompokkan
- Mengkombinasikan
- Menyusun mana yang berhubungan dan mana yang tidak
- Menguhung-hubungkan (mencari model hubungan)
- Memasangkan contoh dan bukan contoh (memanfaatkan model bandingan untuk elaborasi)
Dalam kegiatan konfirmasi, guru melakukan kegiatan-kegaiatan berikut.
- memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
- memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplo¬rasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
- memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
- memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar;
- berfungsi sebagai narasumber dan fasilita¬tor dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar
- membantu menyelesaikan masalah
- memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
- memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
- memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
- Penyimpulan
- Memberikan balikan apa yang dikerjakan peserta didik
- Penjelasan mengapa salah
- Penjelasan mana yang bnar dan yang salah
- Meluruskan yang salah
- Menegaskan yang benar
- Melanjutkan/ menambahkan yang kurang
- Mengangkat kasus yang salah dan yang benar - menjelaskan mengapa salah/benar
- Menyimpulkan konsep, kriteria , prinsip, cara mencapai yang lebih baik, contoh dan bukan contoh
- Memperluas contoh yang bebar dan yang salah
- Menjelaskan bagaimana seharusnya
- Menciptakan rubrik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar